6 Cara Memperbaiki Checking Waiting VHD Services Ready UNBK 2019

Sebenarnya untuk memulai tes UNBK Sangatlah mudah jika konfigurasi server UNBK sudah benar dan tidak ada trouble, cukup dengan menekan tombol run VM pada aplikasi Exambro admin, maka server unbk yang terpasang pada virtual box akan langsung aktif dan kita bisa menampilkan halaman CBTSynch untuk memulai UNBK.

Tapi sayangnya walaupun mudah dan sudah ada panduannya, terkadang bisa muncul permasalahan, terutama permasalahan ketika menjalankan aplikasi Exambro admin, satu permasalahan yang kadang sering muncul ketika ingin menjalankan aplikasi CBT SYNCH adalah munculnya pesan checking waiting vhd services ready secara terus menerus.

Sebenarnya munculnya pesan tersebut normal pada saat aplikasi exambro admin dijalankan, umumnya setelah pesan tersebut muncul akan muncul tombol YES dan tombol NO yang memberikan opsi pada proktor untuk menjalankan aplikasi CBTSynch.



Namun jika pesan Checking, Waiting VHD Services ready muncul terus menerus dalam waktu yang lama, tanpa keluar tombol Yes dan No,  kemungkinan ada yang salah dengan server yang digunakan, bisa pada konfigurasi server unbk, konfigurasi IP address atau bisa juga ada permasalahan pada sistem operasi server yang digunakan.

Karena baru baru ini saya pribadi mengalami kendala pada aplikasi exambro admin yang checking terus menerus, dan alhamdulilah pada akhirnya sudah dapat diatasi, maka di artikel kali ini saya akan coba menshare pengalaman saya bagaimana cara memperbaiki exambro admin yang terus checking.

Memperbaiki Checking Waiting VHD Services Ready UNBK 2019

Berikut hal-hal yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki Exambro admin yang tidak bisa menjalankan cbtsync karena munucl pesan checking waiting vhd services ready secara terus menerus.

1. Pastikan konfigurasi Server UNBK Sudah benar

Komputer virtual untuk server unbk pada virtual box harus memiliki 2 netword adapter dengan pengaturan:

a. Network adapter pertama, pilih Adapter terbridge (bridge adapter) dan pilih nama adapter  yang terhubung ke komputer local.

b. Network adapter kedua pilih NAT.

Silahkan lihat cara seting server UNBK secara detail agar lebih jelas.

c. Seting ip address network adapter komputer server yang terhubung ke hub local
Pastikan Network adapter komputer server yang terhubung ke hub komputer client menggunakan ip address dengan segment 192.168.0.xxx, tapi ingat jangan menggunakan ip address 192.168.0.200, karena ip tersebut digunakan oleh server UNBK di virtual box. Ingat juga pastikan tidak ada komputer lain yang menggunakan ip address yang sama dengan server tersebut.

2. Pastikan Server sudah terhubung ke internet dan ke jaringan local.

Sebelum menjalankan aplikasi exambro admin, pastikan server sudah terhubung ke internet dan sudah terhubung ke hub komputer local (penting: pastikan hub dalam keadaan menyala).

3. Pastikan Firewall dan antivirus di komputer server dalam keadaan non-aktif

Di komputer server pastikan firewall dalam keadaan nonaktif, dan jika ada antivirus coba nonaktifkan juga antivirus, bisa jadi firewall atau antivirus yang sedang aktif memblok ip address server host sehingga server host  tidak terhubung pada server unbk yang terpasang di Virtual box

Cara menonaktifkan firewall:
  • Masuk ke control panel, cari windows firewall, lalu pada bilah menu sisi kiri pilih menu turm window firewall on or off, lalu silahkan off kan.
  • Atau anda juga bisa mematikan windows firewall melalui menu services, silahkan klik start menu > ketik services lalu klik pada menu services (gambar roda gigi) yang muncul, pada halaman services cari windows firewall, lalu double klik, kemudian pada dialog windows firewall properties, tekan tombol stop,  lalu pada opsi  startup type pilih opsi disabled lalu tekan tombol OK.

4. Pastikan Waktu di Server-host sudah benar

Silahkan periksa jam dan juga tanggal pada komputer server dan pastikan setingannya benar, jika salah silahkan perbaiki dengan memilih time zone (UTC +07:00) bangkok , hanoy jakarta.

5. Ping ke ip address server UNBK melalui komputer server host.

Jika pengaturan sudah dibuat, silahkan jalankan exambro admin, lalu setelah sistem operasi server UNBK berjalan. selanjutnya Pada komputer server host (komputer dimana virtual box server unbk terpasang), silahkan buka command prompt (start menu > ketikan CMD) lalu klik.

Kemudian pada Command prompt, lakukan ping ke alamat server unbk yang sudah menyala di virtual box, yaitu ping ke alamat 192.168.0.200.

Pastikan hasil ping berjalan dengan baik dengan munculnya pesan Reply from.....

6. Seting Ulang IP Address server untuk network adapter yang terhubung ke hub komputer client

Jika setelah pengaturan dari nomor 1 sampai 5 di atas sudah dipastikan benar, namun ketika exambro admin dijalankan masih muncul Checking waiting vhd services ready secara terus menerus.

Solusi selanjutnya coba ganti ip address komputer server untuk network adapter yang dibuhungkan ke  hub komputer client.

Cara ke 6 ini pernah saya lakukan ketika tiba-tiba di hari kedua exambro admin tidak bisa berjalan dan terus menerus muncul checking waiting vhd services ready.

Setelah diganti ip addressnya ternyata exambro admin langsung bisa berjalan dengan munculnya tombol Yes dan No untuk menampilkan halaman CBT Synch.



Exambro admin jika tidak berjalan biasanya ketika sistem operasi unbk sudah menyala dan di ping melalui cmd dari komputer server ke alamat 192.168.0.200 muncul pesan request time out, bisa karena ada pengaturan yang salah, atau ip address yang konflik karena ada komputer lain yang menggunakan ip address yang terpasang pada netword adapter yang dihubungkan ke hub client, atau ip address terblok oleh firewall.

Jika setelah sistem operasi server unbk berjalan, dan di komputer server host dilakukan ping melalui cmd ke alamat 192.168.0.200 maka seharusnya konek dengan muncul pesan reply from.....

0 Response to "6 Cara Memperbaiki Checking Waiting VHD Services Ready UNBK 2019"

Post a Comment

Silahkan berkomentar untuk mengajukan pertanyaan atau masukan !