Paragraf Argumentatif: Pengertian, Ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentatif

Untuk lebih memahami apa itu paragraf argumentasi, terlebih dahulu saya akan berikan gambaran mengenai apa itu argumentasi?, saya yakin anda pasti sering kan mendengar istilah argumentasi, di kehidupan sehari hari, seperti di sekolah, di tempat rapat kita mungkin pernah melihat orang berargumentasi menjelaskan pendapatnya yang dilengkapi dengan alasan dan ide untuk meyakinkan lawan bicaranya, dan biasanya seseorang tarpancaning untuk berargumentasi jika alasan dan penjelasan lawan bicaranya tidak sesuai dengan pendapatnya, sehingga dia berusaha untuk meyakinkan lawan bicaranya agar setuju dengan pendapatnya, ya kurang lebih seperti itulah karakteristik dari paragraf argumentasi.


Materi tentang paragraf sebenarnya pernah dipelajari di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah umum untuk mata pelajaran bahasa indonesia, tapi mungkin saja anda belum paham secara detail atau mungkin lupa lagi, oleh karena itu di artikel kali ini saya akan coba jelaskan secara panjang lebar mengenai pengertian dari paragraf argumentasi, karakteristik, penggunaan kata penghubung dan contohnya sekaligus.

Pengertian Paragraf argumentatif

Sebelum menjelaskan pengertian dari  paragraf argumentasi, saya akan ulas sedikit apa itu paragraf, paragraf adalah kumpulan dari lebih dari satu kalimat yang memiliki ide pokok pikiran dan informasi untuk mendukung isi karangan secara utuh.

Sedangkan pengertian dari paragraf argumentasi adalah suatu paragraf yang berisi suatu pemaparan berdasarkan bukti, alasan serta suatu contoh dari kejadian nyata yang dimaksudkan untuk mempengaruhi pembaca sehingga yakin dengan permasalahan tersebut.

Untuk membuat paragraf argumentasi sebenarnya mudah jika sipenulis sudah paham dan sudah memiliki banyak pengalaman dalam membuat karangan atau karya tulis, namun untuk anda yang masih belajar kemungkinan akan menemukan kesulitan ketika diminta untuk membuat paragraf argumentasi, oleh karena itu untuk memudahkan menulis paragraf argumentasi salah satu caranya adalah anda harus paham definisinya dan anda harus tau ciri-cirinya. dengan begitu anda akan mempunyai petunjuk untuk membuat paragraf argumetasi.

Ciri-Ciri Paragraf Argumentasi

Agar anda bisa membedakan antara paragraf argumentasi dengan jenis paragraf lainnya adalah anda harus tau ciri-ciri atau karakteristik dari paragraf argumentasi itu sendiri, ciri-ciri dari paragraf argumentasi adalah sebagai berikut:
  1. Mengemukakan ide atau pendapat dari penulisnya.
  2. Mengemukakan alasan yang didukung oleh data atau fakta yang diperoleh dari hasil wawancara, angket penelitian lapangan, penelitian kepustakaan dan observasi.
  3. Pendapat yang disampaikan harus logis.


Jenis-jenis paragraf argumentatif

Paragraf argumentatif dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut:

1. Paragraf argumentatif rincian

Paragraf argumentatif rincian adalah paragraf yang berisi pendapat dan alasan penulis yang disertai beberapa rincian. 

Contoh paragraf argumentatif rincian adalah.
Penggalian pasir yang terjadi di area dataran tinggi yang terdapat di aliran hulu sungai seharusnya mendpatkan perhatian dari pemerintah, karena jika dibiarkan berlarut-larut akan terjadi kerusakan alam yang bisa menyebabkan bencana yang dapat merugikan masyarakat setempat. bukti bencana alam akibat penggalian pasir di area perbukitan terbukti sebagai penyebab bencana alam antara lain:
  • Banjir bandang, salah satu contoh terbaru adalah banjir bandang di daerah garut yang teridentifikasi disebabkan oleh rusaknya area dataran tinggi di daerah hulu sungai cimanuk
  • Kerusakan alam, kerusakan alam yang terjadi adalah rusaknya lingkungan dan gundulnya hutan.
  • Pencemaran lingkungan, asap kendaraan proyek penggalian pasir dan pengolahan batu menyebabkan penyakit ispa yang dialami oleh warga terdekat.
  • dll


2. Paragraf argumentatif contoh

Paragraf argumentasi contoh adalah paragraf yang berisi pendapat dan alasan penulis yang disertai beberapa contoh sebagai bukti bahwa pendapat penulis benar dan tidak dapat disangkal lagi oleh pembaca.

Contoh dari Paragraf argumentatif contoh.

Facebook memang dibuat khusus untuk media pertemanan secara online namun pada kenyatannya media sosial yang satu ini tidak selamanya memberikan dampak positif, ini dibuktikan dengan adanya beberapa tindakan kriminal yang bersumber dari media sosial ini contohnya, misalnya, penculikan, penipuan dan dampak negatif lainnya yang berhasil diungkap oleh kepolisian, oleh karena itu bijak dan selalu berhati-hatilah ketika menggunakan aplikasi ini.

3. Paragraf argumentatif sebab-akibat

Paragraf argumentatif sebab-akibat adalah paragraf yang dikembangkan dengan menyampaikan terlebih dahulu sebab-sebabnya dan diakhiri dengan pernyataan sebagai akibat dari sebab tersebut

Misalkan paragraf argumentatif  tentang bencana banjir bandang di garut.

Penyebab:
Disebabkan oleh gunung dan perbukitan yang gundul, di daerah hulu sungai.

Akibat yang ditimbulkan
Banjir bandang, rumah rusak dan korban jiwa.

Contoh Paragraf argumentatif sebab akibat:
Karena banyaknya perkebunan di area dataran tinggi perbukitan dan pegunungan di daerah hulu aliran sungai cimanuk, membuat gunung-gungun dan perbukitan gundul dan tidak mampu menyerap air dengan baik, sehingga hujan besar yang terjadi di daerah garut selama 5 jam mengakibatkan banjir bandang yang memporakporandakan rumah-rumah yang berdekatan dengan pinggiran sungai di 5 kecamatan yang memakan korban jiwa sebanyak 25 orang dan 16 lainnya hilang.

4. Paragraf argumentatif akibat sebab

Paragraf argumentatif akibat-sebab adalah paragraf yang dikembangkan dengan menyampaikan terlebih dahulu akibatnya, kemudian dicari penyebabnya.

Misalkan paragraf argumentatif tentang bencana banjir bandang garut

Akibat yang ditimbulkan
Banjir bandang, rumah rusak dan korban jiwa.

Penyebab:
Disebabkan oleh gunung dan perbukitan yang gundul, di daerah hulu sungai.

Contoh Pragraf argumentatif akibat sebab:

Setelah hujan tak henti-hentinya selama 5 jam di daerah garut, menyebabkan banjir bandang yang porakporandakan rumah-rumah yang berdekatan dengan aliran sungai cimanuk di 5 kecamatan dan juga menimbulkan korban jiwa, bencana ini terjadi akibat banyaknya area perbukitan dan dataran tinggi di hulu dijadikan perkebunan dan penambangan pasir sehingga penyerapan air kurang.

Kesimpulan

Dengan mengetahui ciri-ciri dan jenis dari paragraf argumentatif diharapkan anda mampu untuk membuat sendiri paragraf argumentatif, walaupun awalnya memang akan merasa kesulitan, dengan membaca banyak contoh dan mencobanya saya yakin anda akan mudah membuatnya. 

Inti utama untuk membuat pragraf argumentasi adalah harus mengemukaan ide, gagasan atau pendapat yang disertai dengan bukti-bukti dan fakta.


0 Response to "Paragraf Argumentatif: Pengertian, Ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentatif"

Post a Comment

Silahkan berkomentar untuk mengajukan pertanyaan atau masukan !