Warna CYMK dan RGB (Pengertian, Fungsi, persamaan, perbedaan dan kombinasi warna CYMK dan RGB)

Berbicara mengenai warna tentunya sangat erat kaitannya dengan dunia design, terutama dunia design grafis baik untuk menghasilkan produk hard copy seperti baner, pamplet undangan maupun soft copy seperti design web, aplikasi android dan lain sebagainya.

Mengenai warna di artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai Warna CYMK dan RGB secara detail sekaligus menjelaskan mengenai fungsi kedua warna tersebut, persamaan dan perbedaan sekaligus menjelaskan untuk apa warna tersebut digunakan.

 Kita ketahui bersama bahwa  syarat terjadinya warna ada 3 aspek yaitu: Cahaya, Objek/Benda dan Observer/Pengamat (mata kita).

  • Cayaha merupakan bentuk pancaran energi elektromagnetik memiliki tingkat terang (temperatur warna / suhu warna) semakin tinggi umumnya akan menghasilkan warna kebiruan/bluish
  • Objek/Benda  adalah sesuatu yang dapat menyerap, meneruskan dan memantulkan cahaya yang dapat dilihat oleh mata.
  • Observer/Pengamat dalam hal ini adalah Mata yang berfungsi sebagai perekam warna yang memiliki sifat subjektif, artinya warna objek yang sama akan memberikan persepsi berbeda pada setiap orang yang mampu melihatnya, karena sangat tergantung dari kondisi orang yang melihatnya, dapat dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, kondisi fisik mata, emosional dan ukuran fisik objek.

Dalam dunia design grafis kita mengenal kombinasi warna dasar yang sering digunakan untuk  mendukung /mewarnai objek design grafis yang kita buat, yaitu RGB dan CMYK.

Kedua jenis kombinasi warna tersebut perlu dipelajari dan dipahami terutama oleh anda yang sangat berminat dalam dunia design. tujuannya agar kita mampu membuat produk desain grafis yang berkualitas dengan pemilihan warna yang memperhatikan perangkat serta unsur-unsur karakteristik dari warna yang dipilih dan betul-betul sesuai dengan persepsi  mata  yang melihatnya sehingga produk yang dihasilkan sangat memuaskan.


WARNA RGB & CYMK

Seperti yang disinggung pada tulisan di atas Dalam dunia design Grafis terutama design grafis yang melibatkanperlatan digital, ada 2 jenis unsur warna yang dapat kita gunakan yaitu CYMK dan RGB, kedua unusur warna tersebut merupakan komponen penting  dalam pewarnaan digital .


A. Warna RGB (warna Additive)

RGB disebut juga sebagai warna pencahayaan (Additive Color Mode) yang terdiri dari 3 warna pokok yaitu RED (merah), Green (hijau) dan Blue (Biru). Warna RGB ini dikategorikan sebagai warna Additive yang merupakan warna yang dihasilkan dari  kombinasi campuran warna dasar/primer (RED, YELLOW BLUE) yang bersumber dari warna cahaya atau Spectrum warna. Apabila ketiga warna tersebut dikombinasikan maka akan menghasilkan warna putih, oleh sebab itu warna RGB ini disebut sebagai warna pencahayaan.

Sementara warna primer merupakan kelompok warna dasar atau warna pokok yang ada dalam lingkaran warna yang tidak diperoleh dari campuran warna lain. Warna primer terdiri dari Warna RED (Merah), Yellow (kuning) dan Blue (Biru).  Warna Hijau pada RGB merupakan campuran dari warna primer Biru dan Kuning .

Dalam dunia design grafis warna primer tersebut disebut sebagai warna pigmen. Pencampuran 2 warna additive baik itu RED, GREEN ataupun BLUE akan menghasilkan warna sekunder atau warna subtractive

Campuran dari warna RGB ini akan menghasilkan warna yang bermacam-macam, contoh warna yang dihasilkan dari kombinasi campuran warna RGB bisa kita lihat pada gambar di bawah ini:

Warna RGB
Warna RBG dan Kombinasi Warna RGB


Fungsi Warna RGB

Warna RGB dapat digunakan pada produk design grafis yang tujuannya adalah untuk ditampilkan pada peralatan elektronik seperti  pada Layar kamera digital, Layar televisi,  tampilan scanner ataupun layar komputer. Warna RGB tersebut umumnya bekerja dengan format 24 Bit, dimana setiap warna memiliki chanel 8 bit.

Fungsi warna RGB harus kita perhatikan,  jenis warna ini sebaiknya digunakan apabila kita ingin membuat sebuah produk design grafis yang targetnya bukan untuk dicetak tapi hanya ditampilkan pada piranti elektronik,  misalnya untuk membuat tampilan halaman web, membuat tampilan video, Unsur warna yang kita pilih sebaiknya adalah warna RGB (Red, Green Blue), karena dengna memilih warna tersebut, tampilan warna pada piranti elektronik akan menghasilkan warna yang sesuai dengan yang kita inginkan.


B. WARNA CMYK

CMYK merupakan jenis warna yang terdiri dari 4 warna yaitu Ciyan, Magenta Yellow dan Black Key, jenis warna ini disebut sebagai warna Subtractive yaitu warna yang dihasilkan dari kombinasi 2 warna primer (RED, GREEN, BLUE), ilustrasinya dapat diperhatikan  di gambar di bawah ini:

kombinasi warna cymk
Warna CYMK dan Kombinasi warna CYMK

CMYK adalah sebuah model warna berbasis pengurangan sebagian gelombang cahaya (substractive color model) dan yang umum dipergunakan dalam pencetakan berwarna.


Fungsi Warna CYMK

Dalam teknologi design grafis fungsi warna CYMK digunakan untuk produk yang targetnya untuk dicetak menggunakan printer, artinya jika tujuan anda membuat produk design grafis targetnya untuk dicetak maka pewarnaan yang dipilih untuk design grafik anda sebaiknya jenis warna CYMK. Warna CYMK akan menghasilkan cetakan design grafik dengan warna sesuai dengan representasi mata kita walaupun di layar komputer warnya yang nampak kelihatan sedikit pudar tidak sebagus RGB namun dengan warna CYMK hasil cetakan yang anda peroleh akan menghasilkan produk design grafis yang  relatif sempurna.


PERBEDAAN WARNA CYMK DAN RGB

Secara umum, untuk warna CMYK VS RGB ada beberapa perbedaan dan fungsi, yaitu:

RGB

  • RGB digunakan untuk warna Monitor sedangkan CMYK digunakan untuk warna printer
  • RGB digunakan untuk desain yang nantinya digunakan atau ditampilkan kedalam media layar monitor atau media layar piranti elektronik, Sedangkan CMYK digunakan untuk desain yang nantinya ditampilkan dalam bentuk media cetak.
  • Jika warna RGB semua dicamputkan warna akan berubah menjadi warna terang yaitu warna putih, sedangkan CMYK jika dicampur semua akan menghasilkan warna gelap yaitu warna hitam.


CMYK

  • Terdiri dari 3 warna additive Cyan Magenta Yellow Black (orang awam bilang biru, merah, kuning dan hitam )
  • CMYK merupakan warna-warna primer yang paling banyak digunakan pada printer
  • CMYK lebih digunakan untuk desain yang nantinya ditampilkan ke media cetak
  • Jika warna CMY di campur semua, akan menghasilkan warna hitam.

Demikian penjelasan singkat mengenai Warna CYMK dan RGB semoga bermanfaat.

0 Response to "Warna CYMK dan RGB (Pengertian, Fungsi, persamaan, perbedaan dan kombinasi warna CYMK dan RGB)"

Post a Comment

Silahkan berkomentar untuk mengajukan pertanyaan atau masukan !