Cara seting ip address static di windows 10 untuk client maupun server

IP address adalah alamat unik yang dimiliki oleh setiap komputer yang digunakan agar komputer dapat terhubung ke jaringan dan bisa saling berkomunikasi.

Pengaturan atau seting ip address di komputer terutama yang menggunakan sistem operasi windows  baik itu windows 7, maupun windows 10 terbilang cukup mudah, biasanya ada 2 jenis seting ip address yang bisa kita berikan, yaitu ip static dan ip address dinamis.

IP Address statis adalah ip address yang harus kita input dan kita tentukan sendiri, sementara ip address dinamis adalah ip address yang diperoleh secara otomatis dari komputer server yang mengaktifkan layanan DHCP server.

Mengaktifkan ip address dinamis terbilang cukup mudah, kita hanya memilih opsi otomatis, maka komputer akan mendapatkan ip address secara otomatis yang diberikan oleh komputer server yang mengaktifkan layanan DHCP.

Sementara untuk menyeting ip address secara statis kita harus menentukan sendiri, biasanya kita harus tahu dulu segment ip address yang digunakan di dalam jaringan, kemudian ip address  yang digunakan harus sesuai dengan segment ip address yang digunakan oleh jaringan tersebut dan harus berbeda antara komputer yang satu dan komputer lainnya sehingga bisa terhindar dari konflik ip address yang bisa menyebabkan komputer tidak akan bisa terhubung ke jaringan.

Walaupun seting ip address terbilang cukup mudah, di artikel kali ini saya sengaja ingin menguraikannya kembali, untuk membantu pengguna yang kebetulan belum tahu atau lupa bagaimana cara melakukan seting ip address di komputer atau laptop terutama komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi windows 10 ataupun yang menggunakan windows 7.

Cara seting ip address static di windows 10 untuk client maupun server

Untuk anda yang ingin melakukan seting ip address di komputer server maupun komputer client baik untuk keperluan UNBK (ujian nasioan berbasis komputer), maupun untuk keperluan komputer jaringan lab, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka control panel
Caranya pada windows 10 anda klik saja tombol start, kemudian cari dengan cara ketikan control panel, lalu klik menu control panel yang muncul.



2. Kemudian pada halaman control panel, pilih view by : category (pojok kanan atas), kemudian pada menu network and internet, klik tulisan View network status and task



3. Pada tampilan selanjutnya, pada bilah menu sisi kiri klik pada menu Change Adapter Settings, lalu double click pada network adapter yang anda gunakan untuk terhubung ke jaringan.


Oh ya... Jika anda tidak menemukan icon network adapter seperti gambar di atas pada komputer window 10 anda, maka penyebabnya komputer anda belum di instal driver NIC (network adapter), silahkan instalkan dulu drivernya sesuai dengan merk network yang digunakan.

atau Network adapter anda dalam keadaan rusak sehingga tidak terdeteksi oleh sistem windows, anda bisa menggantinya dengan eksternal network adapter yang baru.

4. Pada tampilan selanjutnya klik pada opsi Internet Protocol Version 4 (TCP/IPV4), kemudian pada tampilan selanjutnya pilih Opsi Use the folowing ip address:, lalu masukan IP address anda, subnet dan juga data lainnya jika diperlukan.


Agar komputer terhubung ke jaringan, minimal anda mengisikan IP address dan juga subnetmasknya, namun agar komputer anda selain terhubung ke jaringan dan juga ingin terhubung ke internet melalui gateway (komputer server), maka anda harus memasukan default gateway dan juga data IP Preferred DNS Server.

Atau agar komputer anda ingin terhubung ke jarignan anda bisa memilih opsi Obtain an IP address automatically, dengan catatan di dalam jaringan ada perangkat yang mengaktifkan layanan DHCP, baik dari komputer server, maupun Router.


5. Selanjutnya tekan tombol OK, untuk menyimpan pengaturan konfigurasi IP address yang anda lakukan.


Itulah beberapa langkah cara seting ip address untuk anda yang menggunakan windows 10 maupun windows 7, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara seting ip address static di windows 10 untuk client maupun server"

Post a Comment

Silahkan berkomentar untuk mengajukan pertanyaan atau masukan !