Acuan Format Penyusunan RPP Kurikulum 2013 (Kurtilas /K13) SMP/SMK

Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP (Rencana program pembelajaran) secara lengkap agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Berhubung liburan sekolah sebentar lagi usai, tentunya sebagai seorang guru apalagi guru baru yang baru pertama kali mengajar, RPP atau Rencana program pembelajaran merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dan dipersiapkan dengan baik, karena dengan dibuatnya RPP, maka tugas kita sebagai seorang guru dalam mendidik siswa/siswi di sekolah akan terencana dan terukur dengan baik.

RPP umumnya harus dibuat/direvisi dan dipersiapkan pada saat akan masuk tahun pelajaran baru, walaupun pada kenyataannya banyak juga guru malas dan tidak mempersiapkan RPP.

Pengembangan RPP dilakukan sebelum semester atau tahun pelajaran dimulai, namun perlu diperbaharui sebelum pembelajaran dilaksanakan.



Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau berkelompok di  sekolah/madrasah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepalasekolah/madrasah.

Pengembangan RPP dapat juga dilakukan oleh guru secara berkelompok antarsekolah atau antarwilayah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh dinas pendidikan atau kantor Kementerian Agama setempat.

Namun alangkah baiknya dipersiapkan, karena biasanya dokumen RPP juga sering diminta atau wajib dipersiapkan oleh guru pada saat sekolah akan melaksanakan Akreditasi.

Seperti sekolah dimana saya mengajar, karena di awal tahun ajaran 2019/2020 sekolah akan melaksanakan akreditasi, akhirnya RPP pun harus saya persiapkan.

Untuk anda yang kebetulan sebagai pengajar atau mahasiswa  yang sedang mempelajari cara penyusunan  RPP kurikulum 2013, di artikel kali ini saya akan menyajikan panduan langkah-langkah dalam menyusun RPP kurikulum 2013.

Namun sebelum saya uraikan secara panjang lebar saya akan jelaskan apa itu RPP?.

Pengertian RPP

RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Rujukan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Format Penyusunan RPP

Sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran padaPendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, komponen RPP di atas secara operasional dapat diwujudkan dalam contoh format RPP berikut ini.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
Materi Pokok :
Alokasi Waktu :

A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran
E. Metode Pembelajaran
F. Media dan Bahan
G. Sumber Belajar
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan pertama

  • a. Kegiatan Pendahuluan
  • b. Kegiatan Inti
  • c. Kegiatan Penutup

2. Pertemuan kedua
….
Dst…

I. Penilaian
1. Teknik penilaian

  • a. Sikap spiritual
  • b. Sikap sosial
  • c. Pengetahuan
  • d. Keterampilan

2. Instrumen Penilaian



….., .............................

Mengetahui
Kepala SMK ......                                                                                 Guru Mata Pelajaran


………………………….                                                                   ……………………..
NIP. ..................................                                                                 NIP …………………


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

5.Uraian Penulisan isi setiap komponen dalam RPP

Berikut ini adalah uraian cara menulis RPP berdasarkan contoh format dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran padaPendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah,

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 1)
Sekolah : … (Misal: SMK Negeri 1 Garut)
Mata Pelajaran : ... (Misal: Bahasa Indonesia)
Kelas/Semester : … (Misal: VII/Satu)
Materi Pokok : ... (Misal: Teks Deskripsi)
Alokasi Waktu : … (Misal: 3 Pertemuan (6 JP))

A. Kompetensi Inti
Petunjuk: Tulis keempat KI

CONTOH
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Petunjuk:
1. Rumuskan 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD.
2. Indikator merupakan jabaran dari KD.
3. Indikator pencapaian kompetensi adalah:

  • (a) perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4; dan 
  • (b) perilaku yang dapat diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI-1 dan KI-2.

4. Indikator KD dari KI-3 mencakup pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/kandungan KD dengan kemampuan kognitif mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan/atau mencipta.

Contoh:

KD dari KI-1 (bila ada)

  • Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).


KD dari KI-2 (bila ada)

  • Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).


KD dari KI-3

  • Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi.


KD dari KI-4

  • Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi.


C. Tujuan Pembelajaran
Petunjuk:

  1. 1. Rumuskan 1 (satu) atau lebih tujuan pembelajaran untuk setiap indikator pencapaian kompetensi.
  2. Dalam hal indikator pencapaian kompetensi sangat spesifik dan tidak dapat diuraikan lagi, rumusan tujuan pembelajaran sama dengan indikator pencapaian kompetensi tersebut.
  3. Apabila sebuah indikator pencapaian kompetensi masih dapat dirinci lagi, indicator pencapaian kompetensi tersebut dijabarkan ke dalam lebih dari 1 (satu) tujuan pembelajaran.
  4. Tujuan pembelajaran mengandung unsur: audience (A), behavior (B), condition (C), dan degree (D).
  5. Tujuan pembelajaran dirumuskan untuk masing-masing pertemuan.

Contoh:
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1. ...
2. ...
3. ...
dst.
Pertemuan kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1. ...
2. ...
3. ...
dst.

Fokus penguatan karakter:
(Tulis satu, dua, atau tiga nilai sikap utama yang hendak secara terencana ditanamkan/ditumbuhkan melalui pembelajaran yang direncanakan melalui RPP ini.Nilai-nilai sikap utama yang dimaksud adalah nilai-nilai sikap sebagaimana terkandung dalam kompetensi inti sikap spiritual dan sikap sosial serta nilai-nilai utama yang diprioritaskan oleh pemerintah dan satuan pendidikan yang bersangkutan.Nilai-nilai yang dijadikan fokus dipilih berdasarkan kesesuaiannya dengan materi/kompetensi yang dibelajarkan dan/atau metode pembelajaran yang diterapkan.Butir nilai sikap dituliskan dalam kata benda).
Contoh: kejujuran, kedisiplinan

D. Materi Pembelajaran
Petunjuk:

  1. Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang dicakup untuk materi pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
  2. Butir-butir materi yang dimaksud harus relevan dengan indikator pencapaian kompetensi yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/ kandungan KD

Contoh:

Materi pembelajaran
… (Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi sebagaimana dicakup oleh KD).
a. Teks ... (contoh teks terlampir)
b. Fungsi sosial teks ... (uraian singkat terlampir)
c. Struktur teks ... (uraian singkat terlampir)
d. Ciri kebahasaan: ... (uraian singkat terlampir)
e. Tanda baca/pengucapan/intonasi ... (uraian singkat terlampir)

E. Metode Pembelajaran
Petunjuk:

  1. Tulis satu atau lebih metode pembelajaran yang diterapkan.
  2. Metode pembelajaran yang dipilih adalah pembelajaran aktif yang efektif dan efisien memfasilitasi peserta didik mencapai indikator-indikator KD beserta kecakapan abad ke-21.

Contoh:
Pembelajaran dengan Metode Ilmiah Bahasa Indonesia SMP Kelas VII 2017

F. Media dan Bahan
Petunjuk:
a. Media
Tulis spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dan sebagainya).
Contoh:
a. Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
b. Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
c. Model: Nama model yang dimaksud
d. Gambar: Judul gambar yang dimaksud
e. Realia: Nama benda yang dimaksud
b. Bahan
Tulis spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) semua bahan yang diperlukan.

G.Sumber Belajar
Petunjuk:
Tulis spesifikasi semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dan sebagainya.).
Contoh:

  1. Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
  2. Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
  3. Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor,
  4. Tahun, (halaman).
  5. Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
  6. Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan).
  7. Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud.
  8. Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya.
  9. Lainnya (sesuai dengan aturan yang berlaku).


H. Langkah-langkah Pembelajaran
Petunjuk:

  1. Tulis kegiatan pembelajaran untuk setiap pertemuan yang mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
  2. Kegiatan pembelajaran pada Kegiatan Pendahuluan dan Kegiatan Penutup ditulis dalam rumusan kegiatan yang dilakukan oleh guru yang dapat dilengkapi dengan rumusan kegiatan peserta didik secara terintegrasi – tidak dalam kalimat terpisah.
  3. Kegiatan pembelajaran pada Kegiatan Inti ditulis dalam rumusan kegiatan peserta didik yang dapat dilengkapi dengan rumusan kegiatan guru – dalam kalimat terpisah.
  4. Langkah-langkah dan aktivitas pembelajaran pada Kegiatan Inti menyesuaikan sintaks dan prinsip-prinsip belajar dari metode yang diterapkan.
  5. Tulis jumlah jam pertemuan (JP) untuk setiap pertemuan dan alokasi waktu untuk kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.

Contoh:
1. Pertemuan Pertama: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
1) Guru … untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu … dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu ….
4) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu ….
5) Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu … dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu ….
b. Kegiatan Inti (60 menit)
Bahasa Indonesia SMP Kelas VII 2017
Contoh dengan Metode Saintifik:
— Mengamati
Misal: Peserta didik mengamati gunung Merapi yang meletus yang disajikan melalui tayangan video dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan fenomena meletusnya gunung Merapi (IPS); menyaksikan video pertumbuhan dan perkembangan tanaman dan mencatat apa saja yang belum
diketahui terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman (untuk IPA), …
Catatan:
Fenomena yang diamati oleh peserta didik dapat berupa fenomena sebagaimana adanya di alam (pada situasi alami) dan/atau dalam bentuk model, gambar/foto, teks, grafik/tabel, diagram, chart, audio, video, dan/atau animasi.
— Menanya
Misal: Peserta didik merumuskan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui terkait dengan meletusnya gunung Merapi (untuk IPS), pertumbuhan dan perkembangan tanaman (untuk IPA), …
Pertanyaan 1: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 2: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 3: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 4: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 5: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 6: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 7: … (pengetahuan prosedural)
Pertanyaan 8: … (pengetahuan metakognitif)
Pertanyaan …
— Mengumpulkan informasi/data/mencoba menalar/mengasosiasi mengomunikasikan 1 (misalnya untuk pertanyaan 1, 2, dan 3) Misal IPS: Peserta didik mewawancarai ahli kegunungapian dan/atau membaca buku siswa halaman … untuk mengetahui kapan gunung Merapi meletus (tahun berapa saja dan dalam periode berapa tahunan), korban letusan terdahsyat, dan tanda-tanda gunung Merapi akan meletus (fenomena gunung meletus). Kemudian peserta didik menuliskannya pada selembar kertas untuk ditempelkan pada papan pajang pekerjaan peserta didik.

c. Kegiatan Penutup (12 menit)
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai ….
2. Guru bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengamati …, merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara ….
3. Guru guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
4. Guru menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
5. Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu ….
2. Pertemuan Kedua: 2 JP

a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
Contoh:
1) Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan ….
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3) Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….

b. Kegiatan Inti (60 menit)
Contoh (Lanjutan dengan Metode Saintifik):
— Mengumpulkan informasi/data/mencobamenalar/mengasosiasi mengomunikasikan 2 (misalnya untuk pertanyaan 4 dan 5) …
— Mengumpulkan informasi/data/mencobamenalar/mengasosiasi mengomunikasikan 3 (misalnya untuk pertanyaan 6) …
· dst.

c. Kegiatan Penutup (12 menit)
1) Guru memfasilitasi peserta didik (a) membuat butir-butir simpulan mengenai ….
2) Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara ….
3) Guru memberumpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
4) Guru melakukan melakukan penilaian dengan teknik ….
5) Guru menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
Bahasa Indonesia SMP Kelas VII 2017
6) Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu ….
3. Pertemuan Ketiga: 2 JP

a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
Contoh:
1) Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan ….
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3) Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….

b. Kegiatan Inti (60 menit)
Contoh (dengan Metode Saintifik):
— Mengumpulkan informasi/data/mencobamenalar/mengasosiasi mengomunikasikan 4 (misalnya untuk pertanyaan 7 dan 8)
· …
— Mencipta
Misal: Peserta didik membuat petunjuk tindakan menjelang, saat, dan paska letusan gunung api (IPS); merumuskan gagasan pembudidayaan tanaman yang cepat pertumbuhan dan perkembangannya (IPA); …

c. Kegiatan Penutup (12 menit)
1. Guru bersama-sama peserta didik membuat butir-butir simpulan terkait ….
2. Guru bersama-sama peserta didikmelakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara …; serta mencipta

3. Guru melakukan penilaian dengan teknik ….
4. Guru memberitahukan pembelajaran remedi, yaitu …
5. Guru memberitahukan pembelajaran program pengayaan, yaitu …
6. Guru memberitahukan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu ….

I. Penilaian
a. Sikap spiritual
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap spiritual dan tuangkan dalam tabel.

b. Sikap sosial
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap sosial dan tuangkan dalam tabel.

c. Pengetahuan

d. Keterampilan

0 Response to "Acuan Format Penyusunan RPP Kurikulum 2013 (Kurtilas /K13) SMP/SMK"

Post a Comment

Silahkan berkomentar untuk mengajukan pertanyaan atau masukan !